PENANAMAN MANGROVE DI PANCERDOOR PACITAN

        

Pacitan (07/08/18), Selain membangun dam pemecah ombak, salah satu upaya alamiah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah abrasi adalah menanam pohon di sepanjang garis pantai. Mangrove merupakan jenis tanaman dengan sistem perakaran yang kompleks, rapat, dan lebat, sehingga dapat memerangkap sisa-sisa bahan organik dan endapan yang terbawa air laut dari bagian daratan. Proses itu juga menyebabkan air laut terjaga kebersihannya dan dengan demikian memelihara kehidupan padang lamun (seagrass) dan terumbu karang. Mangrove juga dapat membentuk daratan karena endapan dan tanah yang ditahannya sehingga menumbuhkan perkembangan garis pantai dari waktu ke waktu. Pertumbuhan mangrove memperluas batas pantai dan memberikan kesempatan bagi tumbuhan terestrial hidup dan berkembang di wilayah daratan. Akar pohon mangrove juga menjaga pinggiran pantai dari bahaya erosi dan diharapkan bisa ikut mengatasi buruknya ekosistem di wilayah pantai dan tambak. Dalam jangka panjang penanaman Mangrove untuk jenis tertentu (misalnya: mangrove jenis TUMU) juga diharapkan bisa membawa manfaat bagi para pengrajin batik di Indonesia, yaitu dengan menggunakan daunnya sebagai salah satu bahan pewarna batik. Kerimbuhan hutan mangrove kemudian mengundang kedatangan satwa untuk berlindung, mencari makan dan berkembang biak, mulai dari kepiting raksasa, udang, kerang, ikan, biawak, buaya, tawon sengat, monyet, burung bangau hingga bagi hutan. Selain itu hutan mangrove ini juga nyaman bagi koloni lebah madu.

Dari sekian manfaat konservasi alam dengan penanaman pohon mangrove/bakau tersebut Dinas Perikanan Kabupaten Pacitan bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melakukan penanaman bibit mangrove sebagai salah satu vegetasi pantai sebanyak 16.000 pohon di Pancerdoor Sebelah Timur Kecamatan Pacitan, yang melibatkan  berbagai kelompok masyarakat pesisir termasuk KUB (Kelompok Usaha Bersama), HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Cabang Pacitan, Penyuluh Perikanan KKP dan masyarakat pesisir lainnya. Diharapkan dengan penanaman ini akan membentuk green belt sebelah timur dari Pancer door.

2 Replies to “PENANAMAN MANGROVE DI PANCERDOOR PACITAN”

  1. Merupakan kegiatan yg sangat bagus dan bermanfaat bagi lingkungan maupun masyarakat. Jika kita ingin mengadakan kegiatan serupa bagaimana ya caranya ?.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *